Gunung berapi Merapi Indonesia memancarkan awan abu lagi | PressCliff

Gunung berapi Merapi Indonesia memancarkan awan abu lagi |  Surat Bahasa Melayu


Gambar gambar menunjukkan pelancong melihat ke arah gunung berapi Gunung Merapi ketika meletus, di distrik Cangkringan di Sleman, Yogyakarta, Indonesia 3 Maret 2020. – Antara Foto / Rizky Tulus melalui Reuters

JAKARTA, 25 Jun – Gunung Merapi, gunung berapi paling aktif di Indonesia memancarkan awan abu tiga kali sejauh tiga kilometer ke tenggara, dengan abu menyebar ke daerah di Yogyakarta, kata Ketua Pusat Penyelidikan dan Pembangunan Teknologi Bencana Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida hari ini.

Awan panas meletus tiga kali pada pukul 4.43 pagi waktu tempatan dengan amplitud 75 mm. Awan pertama berlari selama 61 saat, yang kedua selama 131 saat dan yang ketiga, 245 saat, lapor Xinhua.

“Tiang asap diperhatikan setinggi 1.000 m di atas puncaknya,” kata Humaida. Pada pukul 7.33 pagi waktu tempatan, Merapi, yang melintasi Daerah Istimewa Yogyakarta dan provinsi Jawa Tengah, melanda lebih banyak awan panas sejauh 1 km ke tenggara selama 104 saat, dengan tiang asap setinggi 600 m di atas puncaknya.

Berdasarkan pemerhatian dari tengah malam hingga 6.00 pagi, gunung berapi setinggi 2.968 meter, yang berada dalam status bahaya tahap ketiga, memuntahkan lava lima kali ke barat daya dan enam kali ke tenggara.

BPPTKG menggesa orang agar tetap tenang, memakai topeng untuk mengelakkan abu gunung berapi yang berbahaya, dan menutup tempat penyimpanan air.

Sementara itu, aliran lava dan awan abu diperkirakan mempengaruhi kawasan selatan-barat daya, seperti sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Merapi juga telah mengeluarkan bahan vulkanik ke daerah dalam radius 3 km dari puncaknya. – Bernama

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *